Prospek Kerja Teknik Biomedik

By On Wednesday, September 12 th, 2018 · no Comments · In

Prospek Kerja Jurusan Teknik Biomedik

Program Studi Teknik Biomedik ini merupakan program studi yang menggabungkan bidang ilmu keteknikan dan kedokteran, dimana pada program studi ini akan dipelajari bagaimana merancang alat-alat mekanis dan elektronis untuk membantu dunia dunia medis. Secara garis besar, Teknik Biomedis ini mempelajari sistem elektronika kedokteran dan teknologi kesehatan. Prospek kerja jurusan Teknik Biomedis ini semakin cerah melihat perkembangan teknologi kesehatan dari tahun ke tahun yang semakin meningkat, apalagi perguruan tinggi yang memiliki prodi Teknik Biomedik masih sangat sedikit jumlahnya di Indonesia sehingga persaingan dunia kerja pada bidang teknik biomedis khususnya di Indonesia masih tidak terlalu ketat.


Lulusan teknik biomedis diharapkan dapat membantu mengembangkan industri alat-alat medis di Indonesia, sehingga ketergantungan negeri ini akan industri tersebut terhadap negara-negara maju dapat terus menerus dikurangi tiap tahunnya. Luaran akhir yang diharapkan khususnya bagi NKRI dengan adanya program studi ini adalah tercapainya kemandirian Indonesia di bidang industri alat-alat medis.

Berikut beberapa prospek kerja bagi lulusan teknik biomedis di Indonesia:

    1. Laboratorium Kesehatan
      Laboraturium kesehatan merupakan tempat dimana teknologi-teknologi yang berhubungan dengan alat-alat medis digunakan untuk melakukan penelitian-penelitian yang berguna untuk pasien dan juga masyarakat luas. Oleh karena itu, pengetahuan yang dimiliki oleh sarjana teknik biomedik terkait alat-alat medis sangatlah diperlukan.
    2. Rumah Sakit (Pemerintah/Swasta)
      Rumah sakit sebagai pusat kesehatan masyarakat merupakan konsumen utama alat-alat medis dimana teknologi kesehatan digunakan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan demikian, di butuhkan seseorang yang ahli dibidang teknologi alat-alat medis yang betul-betul mengetahui seluk beluknya sehingga rumah sakit tidak asal membeli alat-alat kesehatan yang tidak memiliki manfaat dan kualitas yang baik. Dalam hal ini, sarjana teknik biomedik hadir sebagai konsultan untuk pembelian alat-alat medis sekaligus sebagai insinyur yang melakukan perawatan terhadap alat-alat medis yang dibeli rumah sakit.
    3. Perusahaan Obat/Farmasi
      Lulusan Teknik Biomedis juga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan farmasi yang membuat dan mensuplai obat-obatan untuk digunakan oleh rumah sakit dan masyarakat umum. Di perusahaan ini, banyak digunakan alat-alat guna produksi obat-obatan, oleh karena itu Lulusan Teknik Biomedik dapat bekerja dengan tugas Maintenance, Operasional ataupun Quality Control alat-alat yang digunakan pada perusahaan tersebut.
    4. Lembaga Penelitian
      Lembaga penelitian juga dapat menjadi salah satu pilihan bagi sarjana teknik biomedis untuk mengisi kegiatan pasca kampusnya. Pada lembaga penelitian tersebut, sarjana teknik biomedik mempunyai tugas untuk melakukan penelitian-penelitian yang berkaitan dengan alat-alat medis yang nantinya akan berguna untuk ilmu pengetahuan kesehatan dalam negeri maupun luar negeri.
    5. Instansi Pemerintahan
      Lulusan dari Teknik Biomedik juga dapat bekerja di Instansi-instansi pemerintahan yang berkaitan dengan kompetensi di bidang Teknik Biomedik seperti Kementrian kesehatan, Dinas Kesehatan dan juga Kementrian Perindustrian.
    6. Tenaga Pendidik
      Apabila seorang lulusan teknik biomedik tidak ingin terjun ke dunia industri, alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan menjadi dosen. Mengingat masih sangat sedikit Program Studi Teknik Biomedik yang dibuka di perguruan tinggi di Indonesia, prospek kerja menjadi dosen dibidang Teknik Biomedik sangatlah terbuka lebar dengan adanya peluang dibukanya Progam Studi Teknik Biomedik di Perguran Tinggi di Indonesia baik negeri maupun swasta.
    7. Wirausaha
      Last but not least, seorang sarjana Teknik Biomedik dapat menjadi seorang pengusaha dengan mendirikan perusahaan yang memproduksi alat-alat medis. Dengan ilmu dan keterampilan yang didapat semasa kuliah, bukan tidak mungkin hal tersebut dapat dilakukan oleh seorang sarjana Teknik Biomedik, apalagi hampir semua alat-alat medis yang digunakan di Indonesia merupakan hasil impor dari luar negeri.

(Ahmad Dhiyaaul)

About biomedikeng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty

Skip to toolbar